Home Uncategorized ‘Grand Canyon Eropa’ adalah tempat liburan yang populer — tetapi Anda mungkin...

‘Grand Canyon Eropa’ adalah tempat liburan yang populer — tetapi Anda mungkin belum pernah mendengarnya

Vikos Gorge: tempat hiking yang tak tertandingi di Eropa (Foto: Jeremy Ullmann)

Saat kami akhirnya mencapai sudut pandang Ngarai Vikos, tibalah waktunya untuk istirahat dan menikmati es krim.

Dengan mata berbinar, pemandu kami, Alex, menyatakan: ‘Ketika negara-negara Barat menemukan makanan penutup, kami ikut serta Yunani sudah menderita diabetes.’

Bagi banyak orang Inggris, Yunani telah menjadi cara paling populer untuk mengakses pil Mediterania: gaya hidup yang lambat, berpusat pada makanan, dan berjemur yang terasa seperti pelarian yang diperlukan dari rumah kita yang kelabu.

Pariwisata pulau telah menjadi bagian penting dari perekonomian Yunani, dengan Santorini dan Mykonos menarik empat juta wisatawan setiap tahunnya. Anda akan dimaafkan jika mengira Yunani lain memang ada.

Itulah sebabnya perjalanan ke Zagori, di barat laut negara ini, sangat menarik bagi saya. Saya perlu melihat Yunani yang lain. Sesuatu yang menantang pulau-pulau yang berharap akan pulau dan berfokus pada partai seperti yang ditunjukkan media sosial kepada saya.

Empat jam perjalanan dari bandara Thessaloniki ke jantung pegunungan Yunani, yang sebenarnya mencakup sebagian besar wilayah negara itu, kami mulai meninggalkan Yunani yang dikomersialkan.

Resor Gunung Aristi yang indah (Foto: Jeremy Ullmann)

Puncak gunung yang tertutup salju dan bermil-mil hutan tak berpenghuni mengelilingi jalan. Kami melewati wilayah pegunungan Zagori (yang dalam bahasa Slavia berarti ‘tempat di balik pegunungan’) sebelum tiba di desa Aristi yang tenang.

Pada Resor Gunung Aristirumah kami selama empat hari ke depan, residensi dibangun dengan indah di atas batu Zagori tradisional dari gunung itu sendiri, dengan bagian dalam chalet Alpen yang nyaman.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi mengelilingi resor, dan di pagi hari gelombang awan menutupi desa di bawahnya.

Ketika kami tiba, saya dan teman saya berjalan ke balkon dan menatap pemandangan dalam keheningan yang tertegun. ‘Saya tidak ingat pernah mengalami ketenangan seperti ini sebelumnya’, kata teman saya.

Setiap pagi Anda akan disambut dengan pemandangan ini di Aristi Mountain Resort (Gambar: Jeremy Ullmann)
Sedamai chalet pegunungan Alpen (Foto: Jeremy Ullmann)

Itulah yang harus Anda nikmati dan hargai ini Yunani. letaknya beberapa pegunungan dari pesta pantai Santorini, namun juga terpisah dari kuil megah Athena. Zagori tinggal di dalam dan menjaga sejarahnya sendiri, salah satu penghuni gunung dan ketenangan.

Lebih dari 2.500 tahun yang lalu Zagori adalah bagian dari kerajaan kuno Molossoi (dengan reruntuhan dari periode ini ditemukan tersebar di seluruh wilayah – terutama di dekat desa Vitsa), namun terdapat bukti arkeologis bahwa penduduknya telah tinggal di sana sejak Zaman Es. Usia.

Terdapat jaringan jembatan dan tangga melengkung dari batu di setiap pemukiman, dengan akomodasi modern yang dibangun dengan gaya serupa, seolah-olah diukir di pegunungan. Tinggal di sini membawa serta rasa sejarah – dan petualangan.

Ada arung jeram yang mengasyikkan di sepanjang sungai Voidomatis yang kami pesan dengan perusahaan lokal Menjelajah Yunani untuk €40 per orang. Nantikan keindahan alam yang luar biasa dari tebing putih dan pepohonan terkulai yang memandu perjalanan Anda di sepanjang tepi sungai.

Aktivitas untuk para pecandu adrenalin (Foto: Jeremy Ullmann)

Anda dapat (dan memang harus) mendaki di sepanjang Ngarai Vikos. Baik Anda seorang pendaki berpengalaman atau kereta dorong santai, selalu ada sesuatu untuk semua orang di sini, namun semua rute memiliki pemandangan yang fenomenal.

Kami mendaki dari desa Papingo, turun ke Mata Air Voidomatis dan kembali ke ngarai ke desa Vikos yang merupakan pendakian singkat (tiga jam) dan cukup menantang. Semuanya ditandai dengan cukup jelas tetapi jika Anda menginginkan panduan, Trekking Hellas menyediakannya untuk berbagai harga.

Tebing Vikos yang sangat tinggi (Gambar: Jeremy Ullmann)
Alex, pemandu kami, secara teratur berlomba di sepanjang jalur pegunungan ini (Gambar: Jeremy Ullmann)

Pemandu kami, Alex, memberi tahu kami bahwa Ngarai Vikos dikenal sebagai ‘Grand Canyon Eropa’ dan mudah untuk mengetahui alasannya. Ketika sesuatu yang Anda lihat membentang begitu tinggi di atas Anda sehingga Anda bahkan tidak dapat menghitung tingginya, ‘agung’ menjadi deskripsi yang tepat.

Di banyak titik, kedalaman Vikos mencapai 1.350 m, hanya beberapa ratus meter dari titik terdalam Grand Canyon, namun alih-alih debu dan batu di Arizona, Anda akan mendapatkan kekayaan tanaman hijau di Eropa tengah, dengan biara-biara yang dibangun di tepi laut di antara aliran air biru yang berkilauan. .

Aliran sungai di dasar jurang (Foto: Jeremy Ullmann)
Pendakian yang benar-benar indah di Vikos gore (Foto: Jeremy Ullmann)

Desa-desa yang tersebar di seluruh kawasan ini layak untuk dikunjungi, masing-masing memiliki karakter uniknya masing-masing – meskipun semuanya dibangun dengan batu putih khas yang sama.

Kafe-kafe kuno menyajikan kue yang akan mendefinisikan kembali pemahaman Anda tentang rasa manis (cobalah ‘kue keju keju kambing di Bar makanan ringan Astraka di Papingo) dan jalanan berbatu berkelok-kelok hingga ke setiap puncak bukit.

Kafe dan toko kuno di desa Papingo (Foto: Jeremy Ullmann)
Desa Papingo adalah titik awal yang indah untuk Ngarai Vikos (Gambar: Jeremy Ullmann)

Kembali ke hotel, Aristi Mountain Resort menawarkan bentuk R&R tersendiri. Spa termasuk kolam renang, jacuzzi, ruang uap dan ruang pijat yang menawarkan pilihan perawatan dari terapis pijat berbakat.

Bersantai di spa yang terasa seperti diukir dari gunung (Foto: Jeremy Ullmann)

Menginap di Zagori tidak akan lengkap tanpa merasakan keunggulan kuliner dari makanan tradisional daerah tersebut, dan Restoran Salvia (Lokasi makan gourmet utama Aristi) menawarkan beragam hidangan Yunani yang luar biasa.

Beberapa di antaranya mungkin pernah Anda dengar (seperti Giouvetsi yang kaya rasa dan mengenyangkan – sup daging sapi muda dan orzo) dan ada pula yang belum pernah Anda dengar, termasuk Trahanas yang creamy dan Soutzoukakia – hidangan daging dengan saus tomat dan jinten yang luar biasa lezatnya. .

Kunjungan yang benar-benar menyenangkan – tersedia untuk semua tamu hotel – adalah mengunjungi pertanian lokal tempat banyak bahan yang digunakan di Salvia’s ditanam.

Seorang Giouvetsi selama berabad-abad di restoran Salvia (Gambar: Jeremy Ullmann)

Namun salah satu makanan yang paling menarik adalah ‘Restoran Jamur’, Kanela & Garyfallo di desa Vitsa yang indah. Restoran ini (di samping menu yang lebih tradisional) menyajikan satu halaman penuh hidangan yang terbuat dari jamur lokal – dan ya, itu juga termasuk hidangan penutup.

Kepala koki, Vassilis Katsoupas, adalah pria karismatik yang sangat bangga menjelaskan kepada kami bagaimana setiap hidangan menggunakan jamur yang berbeda, dan bagaimana campuran rempah-rempah yang berbeda membantu menonjolkan cita rasa unik setiap jamur.

Saya sangat merekomendasikan untuk menyantap telur dadar jamur yang lezat dan sup kastanye yang kaya akan cita rasa alami, dan lawan prasangka apa pun yang mungkin Anda pegang saat mencoba hidangan penutup karamel Chanterelles – tidak ada yang bersahaja dalam hal ini, dan Anda akan mendambakannya. hari setelahnya.

Kanela & Garyfallo memiliki menu yang dirancang berdasarkan jamur – telur dadar ini mencuri perhatian (Gambar: Jeremy Ullmann)

Aristi / Zagori - Jeremy Ullmann

Chanterelles karamel – hidangan penutup yang tidak akan Anda lupakan untuk waktu yang lama (Foto: Jeremy Ullmann)

Ada beberapa tempat yang pernah saya kunjungi seunik dan menenangkan seperti Zagori, dan Aristi adalah lokasi yang sempurna untuk dijadikan basis saat menjelajahi wilayah yang indah ini.

Hotel dan desa itu sendiri telah memanfaatkan keagungan dan keheningan jurang yang menakjubkan, menciptakan destinasi yang memberikan Anda segala sesuatu yang dimaksudkan untuk liburan: ketenangan, petualangan, dan makanan yang luar biasa.

Ini bukan mitologi Yunani (tidak ada pilar atau kuil yang terlihat), dan ini bukan lokasi pesta (saat malam tiba, melihat ke desa Anda tidak akan mendengar suara pin drop). Tapi inilah Zagori: alam yang tenang dan ajaib di balik pegunungan.

Saat kami duduk dengan es krim kami, mengagumi pemandangan indah Ngarai Vikos yang baru saja kami daki, kami berdiskusi dengan Alex tentang sejarah Zagori, yang menurutnya kepada kami secara budaya tetap tidak berubah, meskipun banyak orang berbeda yang telah melewatinya.

Sebuah kafe yang menghadap keagungan Zagori (Gambar: Jeremy Ullmann)

Seperti Alex yang rutin balapan bersama perjalanan empat jam yang baru saja kami lalui mengambil tasnya siap berangkat, dia berhenti sejenak untuk menatap ngarai di bawah.

Dia berbalik ke arah kami dengan binar di matanya yang sudah biasa kami alami.

‘Orang-orang datang dan pergi ke sini, tapi entah kenapa, kehidupan di sini tetap berjalan lambat,’ katanya. ‘Itu tetap damai. Itu sebabnya saya suka di sini’.

Apakah Anda punya cerita untuk dibagikan?

Hubungi kami dengan mengirim email ke MetroLifestyleTeam@Metro.co.uk.

LEBIH: Suka sesh? Liburan yang terinspirasi dari Wetherspoons ini mungkin cocok untuk Anda

LEBIH : Satu-satunya ‘gurun’ di Inggris dengan pemandangan ‘sangat menawan’ dan pantai sepanjang 10 mil

LEBIH : Dari Taylor Swift hingga Olimpiade, sorotan tertuju pada bagian Paris yang kurang dikenal ini